Saturday, August 05, 2006

Postcard

Sejak di Norway saya jatuh cinta dengan postcard/kartu pos. Padahal sebelumnya saya tidak begitu tertarik. Bahkan ketika seorang teman meminta saya sesekali mengirim kartu pos kok rasanya gak biasa ya. Ternyata setelah berada di sini saya jadi penggemar berat kartu pos bahkan selalu melonjak riang tiap menerima kiriman kartu pos dari siapapun dan dari manapun:) Sayapun jadi senang mengirim kartu pos ke orang-orang tersayang. Saat jalan-jalan ke Prague (Chech), Vienna dan Budapest tahun lalu saya selalu sempatkan menulis secarik cerita di beberapa kartu pos dan langsung mengirimkannya ke berbagai alamat lewat kantor pos terdekat atau hostel tempat menginap. Kartu-kartu pos dari Bergen pun kerap saya sisipkan dalam kiriman oleh-oleh ke teman-teman dan keluarga.
Kartu pos terlihat sederhana padahal lewat kartu kecil itu banyak hal yang ingin disampaikan si pengirim. Pesan dan cerita yang digoreskan dalam kartu pos biasanya ingin menyampaikan keberadaan dan perasaan si pengirim saat itu. Saya masih ingat kartu pos yang pernah papa kirimkan dari Leiden sewaktu papa studi di sana. Lewat pesan singkatnya tergambar betapa dalam rasa rindu papa pada mama dan kita berempat yang masih kecil-kecil saat itu.
Gambar kartu pos juga bisa bercerita banyak. Walau belum pernah ke Paris saya bisa membayangkan pesona wilayah Butte Montmatre, atau bisa ikut mengagumi kota mungil Lund di Stockholm yang dikenal sebagai kota pelajar, juga membayangkan romantisnya berperahu di Great Canal Regatta di Venezia dan membandingkan keindahan kota Trondheim (Norway) di tepian sungai Nidelva dengan kota Bergen. Bahkan His (Hiswaty) temanku khusus mengirmkan kartu pos bergambar burung elang lambang tim nasional Jerman:) Pasti ini untuk memberi saya tambahan semangat sebagai penggemar berat tim Jerman,haha.
Ah, pokoknya saya akan terus mengoleksi kartu pos. Thanks to all my dears who have been sending me postcards from various great places. I will as well keep sending postcards to all of you, but don't forget to inform your latest postal address through my email, ok?:)
Dan ini saya kutip sajak "Kukirimkan Padamu" (dari buku kumpulan puisi Sapardi Djoko Damono, "Mata Jendela", 2001)

Kukirimkan Padamu
kukirimkan padamu kartu pos bergambar, istriku,
par avion: sebuah taman kota, rumputan
dan bunga-bunga, bangku dan beberapa
orang tua, burung-burung merpati
dan langit yang entah
batasnya
aku tentu saja, tak ada di antara
mereka. Namun ada

No comments: