Tuesday, August 22, 2006

Makan di tempat bersih dan rehat yang cukup yuk!

Wah..beberapa hari ini karna saya dapat kabar tentang teman-teman yang sakit jadilah saya berpikir ulang tentang indahnya hidup sehat. Saya termasuk orang yang penyakitan. Prof.dr. Markum (dokter langganan saya untuk penyakit dalam) sudah sangat maklum kalau saya berkunjung atau harus dirawat di rumah sakit. Herannya, selama studi di Norway kok saya gak pernah sakit bagian dalam ya? dr.Markum memang sudah sering bilang, kalau mau sehat harus ubah pola hidup. Salah satunya dalam mencari tempat makan dan mengalokasi waktu beristirahat.
Tahun 2003 saya sempat dirawat karna kena hepatitis A. Ternyata setelah ditelusuri penyebabnya adalah karna saya makan soto di warung yang berdekatan dengan para penjual burung. Jadi, bisa saja yang kotor-kotor dari warung burung itu tergabung dalam adonan soto (waduhhh!). dr.Markum bilang kalau cari tempat makan harus cermat. Jangan makan di warung yang proses cuci piringnya hanya dalam satu ember berisi air untuk mencuci semua piring dan gelas. Ini yang bisa menyebabkan penularan kuman penyakit. Sebaiknya proses cuci piringnya lewat kran air yang mengalir. Jangan juga makan di warung-warung dekat penjual burung, dekat got, dekat bak sampah.
Memang setelah sembuh dari penyakit itu saya menjadi orang yang sangat pemilih. Saya berusaha menghindari warung-warung pinggir jalan walau memang kadang kangen juga. Banyak teman yang mengira saya pilih-pilih karna gengsi. Padahal tidak. Ini semata karna demi kesehatan. Penderitaan saat sakit--mual, demam tinggi, lemas--yang kerap membuat diri ini harus selalu coba berdisiplin.
Hal lain, kata dr. Markum, yang kerap membuat kita gampang jatuh sakit karna tidak disiplin mengalokasikan waktu untuk istirahat. Memang terdengar mudah, tapi ternyata sulit menjalaninya terutama jika kita sedang dibebani banyak tanggungjawab yang harus diselesaikan. Maka istirahatpun menjadi semakin minim. Padahal istirahat itu paling enak lho, terutama kalau bisa rehat sambil mendengar musik yang lembut. Cepat sembuh ya buat teman-teman yang sedang sakit.

3 comments:

clodi said...

stel, kamu pacarnya bang heince yah???? kalo liat di friendster-nya mah gitu.. hehehe...

Stella Aleida Hutagalung said...

Clodi..hihih,aku malah gak tahu siapa bang heince itu. Jangan2 Stella yg lain kali:) Nama pacarku sampai saat ini sih Wahyu:) btw,add aku dong Clod di FSmu. emailku: leihutagalung@yahoo.com CU dear!

in long stays system xanax said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.